Tempat Berbagi Tugas Kuliah

Rabu, 25 Maret 2015

Clover, Aplikasi Untuk Merapikan Windows Explorer Anda

Pustaka Tarbiyah

Clover
Clover
Jika Kemarin Saya sudah berbagi Office Tabs, maka sekarang saya akan berbagi Aplikasi bernama Clover. Clover adalah sebuah aplikasi pendukung windows yang berguna untuk menyederhanakan tampilan windows explorer.

Kenapa kita membutuhkannya ?

Saat ini kita masih kesulitan ketika sedang mengoperasikan Windows dengan membuka banyak Tab Windows, yang dimaksud Tab ini bukanlah sekelompok Bar yang dikumpulkan dalam satu jendela, melainkan sebuah Jendela yang terdapat didalam satu Thumbnails. 

Jika Anda harus bekerja dengan folder yang harus banyak dibuka, desktop Anda mungkin akan sangat berantakan untuk dapat menemukan folder yang diinginkan dari satu jendela Windows yang terbuka kemudian membuka jendela Windows lainnya untuk membuka folder pada direktori yang berbeda, seperti gambar berikut ini.
Tampilan Standart Windows Explorer Yang Tidak Rapi


Clover merupakan Add-on extension dari Windows Explorer. Fungsi dari Clover sendiri adalah untuk menambahkan fungsi dari multi-tab yang mirip seperti browser Google Chrome, Firefox, dll. Setelah install maka kamu bisa membuka banyak folder tetapi dalam window yang sama. Selain itu juga di Clover tersedia fitur Bookmark.

Nah, dengan Clover, kita akan diberikan Multi-Tab Style ala Google Chrome atau Mozilla Firefox. Tidak hanya Multi-Tab, kita juga bisa menambahkan Bookmarks pada Halaman-halaman Windows yang kita sering kunjungi, seperti Foto, Video atau Musik. Penggunaan Clover ini-pun juga cukup mudah, cukup install dengan gaya orang awam (klik next,next,next) saja sudah langsung berjalan sehingga tidak perlu setting-setting dan gak usah ribet lagi.
Tampilan Windows Explorer Setelah Diinstall Clover

Cara menggunakan aplikasi Clover
Pertama, download aplikasi Clover pada halaman Download, kemudian setelah itu install aplikasi. Setelah selesai proses instalasi, Anda akan mendapatkan sebuah ikon daun pada taskbar Anda.

Semua folder Anda saat ini akan ditangani oleh aplikasi Clover. Setiap folder baru yang dibuka akan terbuka di tab baru yang mirip dengan tab browser Google Chrome dan juga Firefox. Jika Anda membuka tab baru, maka Anda akan dibawa ke My Computer sebagai halaman default.

Bookmark Bar
Aplikasi Clover juga akan memberikan Anda sebuah bookmark bar, di mana Anda dapat mengatur dan mengeksekusi file exe dari bookmark bar. Anda juga dapat mengelompokkan program-program di folder dan menavigasikan program dengan menggunakan shortrcut.

Clover Keyboard Shortcuts
Seperti pada browser, aplikasi Clover ini memiliki shortcut yang akan membuat kinerja Anda menjadi lebih cepat dan praktis dalam mengatur dan juga membuka folder. Shortcut yang biasa digunakan di antaranya:
Ctrl + N : Membuka jendela baru aplikasi Clover
Ctrl + T: Membuka Tab baru
Ctrl + W: Menutup tab yang sedang dibuka
Ctrl + Shift + T: Membuka kembali jendela yang sudah ditutup
Ctrl + D: Bookmark folder yang sedang dibuka
Ctrl+ Shift + D: Menempatkan semua folder yang sedang dibuka untuk di-bookmark
Ctrl+ Tab: Berpindah ke tab selanjutnya
Ctrl + Shift + Tab: Berpindah ke tab sebelumnya
Ctrl + Shift + B: Mengaktifkan atau menonaktifkan bookmark bar


Download Clover Di Sini
Clover

0 komentar:

Posting Komentar

1. Berkomentarlah dengan sopan.
2. Silahkan membuka Lapak tetapi tidak dengan menyertakakn Link Hidup,
3. Komentar yang berbau sara / pornografi akan saya hapus.
4. Mari budayakan Komentar dengan menggunakan Bahasa Ibu.

 

Resources

Hitstats Counter