Tempat Berbagi Tugas Kuliah

Jumat, 27 Februari 2015

DESKRIPSI MATA KULIAH

Pustaka Tarbiyah

Perkuliahan (ilustrasi)
Setiap perguruan tinggi memiliki istilah yang berbeda-beda untuk mengelompokkan kategori mata kuliah yang harus ditempuh setiap mahasiswa di kampus tersebut. Berikut ini contoh gambaran deskripsi mata kuliah yang biasanya ada pada fakultas tarbiyah/ agama Islam.

MATA KULIAH DASAR UMUM (MKDU)
Mata kuliah dasar umum adalah usaha membantu perkembangan kepribadian mahasiswa agar mampu berperan di dalam anggota masyarakat, bangsa dan agama. Sehingga, mahasiswa bisa lebih peka terhadap masalah-masalah dan kenyataan-kenyataan sosial yang selalu tumbuh dalam masyarakat. Serta mahasiswa diberikan kemampuan dasar supaya mahasiswa bisa berfikir secara interdisipliner.
Pada intinya, mata kuliah dasar umum diberikan agar mahasiswa dapat menghasilkan sarjana-sarjana yang mempunyai banyak seperangkat pengetahuan yaitu kemampuan akademis, kemampuan profesional dan kemampuan personal.
Mata kuliah yang menjadi bagian dari MKDU bagi fakultas Tarbiyah/Agama Islam pada umumnya adalah : Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Pengantar Ilmu Agama, Pengantar Studi Agama, Bahasa Indonesia, Pancasila, Ilmu Budaya Dasar, Kewiraan, Ilmu Alamiah Dasar,  dsb.

MATA KULIAH KEAHLIAN (MKDK)
Mata Kuliah dasar Keahlian (MKDK) adalah kelompok mata kuliah yang ditujukan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam penguasaan keahlian bidang studi/bidang ilmu terkait; Mata kuliah yang menjadi bagian dari MKK bagi fakultas Tarbiyah/Agama Islam pada umumnya adalah : Pengantar Ilmu Tafsir, Dasar-dasar Kependidikan, Ulumul Qur'an, Ulumul Hadis, Filsafat Umum, Ushul Fiqh, Fiqh, Filsafat Pendidikan Islam, Filsafat Ilmu, Strategi Belajar, Mengajar, Fiqh Sosial, Sejarah Pendidikan Islam, Sirah Nabawiyah, Supervisi Pendidikan, Metodologi Penelitian, Bimbingan dan Penyuluhan, Hadi, Ilmu Kalam, Ilmu Tasawuf, Tafsir II

MATA KULIAH PROFESI (MKP)

Mata Kuliah Profesi (MKP) adalah kelompok mata kuliah pada Program Studi Tenaga Kependidikan yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan Profesi, dan terdiri atas : Ilmu Jiwa Belajar,  Statistik, Studi Islam, Pengmb. Sist. Evaluasi, Ilmu Pendidikan,  Perencanaan Sistem PAI, Pengemb. Kurikulum PAI,  Materi PAI, Psikologi Agama, Micro Teaching.

0 komentar:

Posting Komentar

1. Berkomentarlah dengan sopan.
2. Silahkan membuka Lapak tetapi tidak dengan menyertakakn Link Hidup,
3. Komentar yang berbau sara / pornografi akan saya hapus.
4. Mari budayakan Komentar dengan menggunakan Bahasa Ibu.

 

Resources

Hitstats Counter